Amnesia : Pengertian, Penyebab, Jenis dan Pengobatannya

amnesia

Amnesia : Pengertian, Penyebab, Jenis dan Pengobatannya – Pembentukan memori (ingatan) adalah fungsi penting dari otak manusia. Hal ini tidak hanya memungkinkan kita mengingat liburan-liburan yang pernah kita alami, mengingat sebuah candaan yang sangat lucu, mengingat sebuah tanggal penting dalam kehidupan kita, tetapi juga sangat penting untuk proses pembelajaran. Ini sekaligus membuktikan bahwa menjaga kesehatan otak adalah hal yang maha penting.

penyebab amnesia
Jenis-jenis amnesia

Segala yang anda pelajari, sejak anda lahir hingga sekarang, adalah sebagai hasil dari kemampuan anda untuk mendapat pengalaman tertentu, memproses informasinya, dan mengingatnya sehingga anda tahu bagaimana menghadapi situasi yang sama di masa depan. Mengingat betapa kompleks dan luar biasanya otak manusia, dengan miliaran sel neuron dan berbagai susunan bahan kimia, tidak mengherankan bila sebagian besar proses pembentukan memori di dalam otak masih menjadi misteri besar bagi dunia ilmu pengetahuan.

Baca juga

Pengertian dan Gejala Rabun Jauh

Penjelasan tentang rematik

Pengertian

Amnesia adalah hilangnya memori (ingatan) yang disebabkan oleh cedera atau penyakit di wilayah otak tertentu yang berhubungan dengan pembentukan ingatan.

Penyebab amnesia

Kepala terantuk meja atau terpukul, terjatuh di bagian kepala, stroke, perdarahan otak, dan berbagai kecelakaan yang mengenai bagian kepala/otak bisa menjadi penyebab amnesia; belum lagi jika menengok penyebab lain yang berkaitan dengan faktor genetik dan atau degeneratif seperti penyakit Alzheimer, penyalahgunaan obat-obatan, dan trauma.

Saat berbicara mengenai amnesia, kebanyakan orang mengkaitkannya dengan kehilangan memori secara total. Kenyataannya amnesia, yang bisa terjadi secara sementara atau permanen, memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis amnesia tersebut bisa terjadi secara bersamaan atau dalam waktu dan tahapan berbeda.

Jenis-Jenis Amnesia

Amnesia Retrograd

Retrograde Amnesia, biasa disebut juga sebagai amnesia mundur atau amnesia surut, adalah hilangnya memori atau bagian dari memori sebelum titik waktu tertentu. Amnesia jenis ini umumnya disebabkan oleh cedera otak atau kondisi akut seperti pendarahan otak dan stroke, dimana penderita tidak bisa mengingat memori sebelum terjadinya kecelakaan atau peristiwa tertentu. Tergantung dari parahnya cedera yang dialami, penderita amnesia retrograd mungkin tidak mengingat peristiwa-peristiwa pada periode terjadinya kecelakaan saja atau bahkan peristiwa-peristiwa yang lebih lama lagi (sebelum kecelakaan).

Amnesia Anterograd

Anterograde amnesia, sering pula disebut amnesia maju. Tipe amnesia ini bukan sepenuhnya mengenai kehilangan memori di masa lalu, tetapi lebih kepada hilangnya kemampuan untuk menciptakan memori di masa setelah terjadinya peristiwa kecelakaan atau penyakit tertentu. Sebagai contoh, ibu teman saya mengalami kecelakaaan yang menyebabkan cidera otak pada 2004. Dia masih sangat mampu mengingat semua nama keluarga, teman, kolega kerja, dan lain-lain yang dikenalnya sebelum peristiwa kecelakaan itu. Sebaliknya, dia akan sangat kesulitan mengingat nama-nama orang yang ditemuinya setelah peristiwa kecelakaaan itu, bahkan meskipun sudah bertemu berkali-kali.

Amnesia Disosiatif

Jenis amnesia ketiga ini memiliki perbedaan signifikan dengan dua jenis lainnya dalam hal penyebab terjadinya amnesia. Amnesia disosiatif jarang sekali ditemui sebagai akibat dari cedera otak atau penyakit tertentu, tetapi lebih disebabkan oleh fenomena psikologis, dimana yang terjadi adalah memori dapat terciptakan namun tidak dapat diingat kembali. Tipe amnesia ini umumnya diasosiasikan dengan peristiwa-peristiwa traumatis. Sebagai contoh adalah represi memori karena pelecehan seksual atau karena menyaksikan/mengalami sebuah peristiwa kekerasan.

Pengobatan Amnesia

Pengobatan amnesia acapkali melibatkan terapi koginitif, meskipun keberhasilannya bergantung pada tingkat keparahan cedera atau gangguan yang dialami penderita. Karena neuron di dalam otak yang sudah rusak tidak dapat tumbuh kembali, amnesia apapun yang disebabkan oleh cedera permanen ataupun gangguan degeneratif sangat sulit untuk disembuhkan. Namun jika neuron tidak rusak secara permanen, maka sebagian memori yang hilang atau bahkan memori seutuhnya bisa dikembalikan lagi.

Sekian artikel tentang amnesia yang dapat kami rangkum. Jangan lupa baca artikel lain tentang Kesehatan di blog ini. Terima kasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *