Apakah Mandi di Malam Hari Menyebabkan Rematik?

apakah mandi malam menyebabkan rematik

Apakah mandi malam menyebabkan rematik?

Suatu malam saya ingin mandi di malam hari, tapi orang tua saya melarang saya untuk mandi di malam hari. Karena ‘katanya’ mandi di malam hari dapat menyebabkan rematik. Apakah benar mandi di malam hari dapat menyebabkan rematik? simak penjelasan berikut.
Mandi merupakan salah satu kebutuhan bagi manusia, kebutuhan mandi pada setiap orang juga berbeda-beda tergantung pada aktivitas yang dilakukan. Ada orang yang mandi teratur di pagi dan malam hari, ada juga yang harus terpaksa mandi di malam hari karena kesibukkan.
Namun kadang orang-orang merasa khawatir untuk mandi di malam hari karena stigma yang muncul di masyarakat bahwa mandi di malam hari dapat menyebabkan rematik. Benarkah seperti itu?

Apa itu rematik?

Pengertian Rematik

Dikutip dari alodokter

Rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Rematik terdiri atas berbagai jenis dan bisa menjangkiti persendian mana pun pada tubuh.

Penjelasan

Secara umum rematik ditandai dengan berbagai gejala seperti pembengkakan,radang,kaku sendi,nyeri di lutut,pergelangan, maupun nyeri di bagian-bagian sendi lain.
Stigma yang beredar tentang rematik tersebut di masyarakat salah adanya.

“Mandi malam tidak menyebabkan rematik, tetapi mandi malam jelas memperberat keluhan nyeri rematik.”

Artinya, bagi mereka yang sudah menderita nyeri rematik tidak dianjurkan mandi malam, kalaupun ingin mandi diutamakan menggunakan air hangat.
Jadi mandi di malam hari dapat menyebabkan rematik hanya berlaku pada penderita rematik, dan apabila kita tidak menderita penyakit tersebut, maka mandi di malam hari tidak akan menyebabkan rematik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *