Contoh Riwayat Hidup (CV) Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

daftar riwayat hidup

Contoh Riwayat Hidup – Curriculum vitae atau biasa disingkat dengan CV merupakan daftar riwayat hidup yang berisi tenteng suatu informasi mengenai calon pelamar. Biasanya didalam daftar riwayat hidup akan berisikan tentang informasi pendidikan, keahlian, biodata, riwayat pekerjaan dan lain lain. Pada umumnya, ketika kita akan mendaftar pekerjaan, perusahaan yang akan kita lamar akan meminta sejumlah berkas persyaratan untuk melamar di perusahaan. Salah satu berkas yang wajib ada saat melamar pekerjaan yaitu daftar riwayat hidup.

Setiap perusahaan, pasti memiliki aturan tersendiri mengenai bagaimana surat lamaran kerja itu dibuat, kebanyakan perusahaan memperbolehkan calon karyawannya untuk mengirimkan daftar riwayat hidup dan surat lamaran kerja dalam bentuk cetak atau print, tetapi ada juga beberapa perusahaan yang mewajibkan setiap calon karyawan yang akan melamar untuk menulis dengan sendiri surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup.

Banyak jenis atau macam daftar riwayat hidup, misalnya jenis cv yang tidak mencantumkan pengalaman kerja. Dengan begitu akan memudahkan perusahaan untuk mengetahui bahwa Anda seorang fresh graduate atau lulusan baru. Jika Anda ingin membuat daftar riwayat hidup, buatlah dengan susunan yang baik dan benar.

Cara menulis riwayat hidup (Curriculum Vitae)

Seperti berikut ini poin-poin yang harus diperhatikan ketika ingin membuat daftar riwayat hidup.

  1. Jika sebuah perusahaan atau suatu instansi meminta Anda untuk menuliskan cv dengan tulisan tangan, yang harus dilakukan adalah buatlah cv tertulis tanpa ada coret-coretan sedikitpun. Jangan lupa juga untuk menggunakan pena bertinta hitam atau biru.
  2. Tuliskan cv dengan terperinci, mulai dari identitas diri, daftar riwayat pendidikan, hingga pengalaman kerja jika sebelumnya pernah bekerja. Tulislah semuanya dengan lengkap dan jelas.
  3. Sertakan pendidikan non formal, jika Anda pernah menjalankannya. Sebab, bagi beberapa perusahaan pendidikan non formal atau tambahan ini memiliki poin khusus sebagai pertimbangan.
  4. Karir yang pernah Anda jalani selama ini. Jangan lupa juga untuk mencantumkan jabatan yang pernah dilakukan. Sebab, ini merupakan hal yang terpenting, ketika Anda melamar pekerjaan berikutnya.
  5. Hal terpenting dalam menulis sebuah daftar riwayat hidup adalah kejujuran. Sebaiknya Anda jujur saat menuliskan cv, sebab itu akan berdampak pada karir selanjutnya.

Contoh Riwayat Hidup Tulis Tangan Bahasa Indonesia

Berikut ini contoh membuat daftar riwayat hidup yang ditulis tangan.

contoh cv bahasa indonesia
Contoh CV tulis tangan

Contoh daftar riwayat hidup untuk fresh graduate

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

  1. Nama: Catur Saputra
  2. Jenis Kelamin: Laki-Laki
  3. Tempat Tanggal Lahir: Pekan Baru, 15 Mei 1983
  4. Status: Belum Kawin
  5. Alamat: Jl. Merdeka No 14 Kel. Pancoran Kec. Medan Barat Jakarta Barat 5000
  6. Kewarganegaraan: Indonesia
  7. Agama: Islam
  8. Nomor Handphone: 0811 2233 4956
  9. Email: catu01r@gmail.com

Pendidikan:

  1. SD Alwashliyah 19 Jakarta 1991 – 1997
  2. SMP Negeri 12 Jakarta 1997 – 2000
  3. SMA Pelita Harapan 2000 – 2003
  4. Universitas Indonesia (Ekonomi) 2003 – 2007

Pengalaman Organisiasi:

  1. Anggota badan esekutif mahasiswa (BEM) di Universitas Indonesia dari tahun 2004 – 2006.

Minat dan keahlian:

  1. Mampu berbicara dengan baik
  2. Menguasai penggunaan sistem aplikasi marketing
  3. Suka menulis

Hormat saya

Catur Saputra

Contoh CV Bahasa Inggris

contoh riwayat hidup
contoh cv bahasa inggris

CV dalam bentuk bahasa Inggris biasanya dibutuhkan untuk mengajukan surat lamaran kerja dengan bahasa Inggris. Di Indonesia memang terdapat beberapa perusahaan yang memberikan ketentuan membuat surat lamaran dan CV dalam bahasa Inggris, khususnya untuk jenis perusahaan multinasional.

Pada umumnya, jenis perusahaan yang memberikan ketentuan tersebut merupakan suatu perusahaan yang dimiliki oleh pihak asing atau perusahaan yang kebanyakan pekerjanya memakai bahasa Inggris. Namun, tetap ada juga beberapa perusahaan yang bukan dua-duanya namun memberikan ketentuan bagi calon pelamar kerja di perusahaan tersebut untuk menggunakan bahasa Inggris dalam membuat CV.

Ada juga beberapa hotel serta restaurant yang mensyaratkan pelamarnya untuk membuat surat lamaran serta CV dengan menggunakan bahasa Inggris sekalipun hotel dan restaurant tersebut bukanlah milik dari perusahaan asing. Tujuannya untuk ketika hotel atau restaurant tersebut mendapatkan pelanggan orang asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *