Contoh Teks Biografi : Pengertian,Struktur, dan Ciri-Ciri

contoh teks biografi singkat pahlawan

Seringkali kita membaca latar belakang tokoh baik di internet maupun yang lainnnya. Tetapi kita hanya membacanya saja tanpa mengetahui cara membuatnya atau apa pengertian teks biografi itu, bagaimana struktur dan ciri-ciri teks biografi.

Berikut akan dijelaskan secara lengkap mengenai contoh teks biografi beserta strukturnya :

Pengertian Biografi

Pengertian menurut wikipedia :

Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang.

Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut.

Dalam biografi tersebut dijelaskan secara lengkap kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua, bahkan sampai meninggal dunia. Semua jasa, karya, dan segala hal yang dihasilkan atau dilakukan oleh seorang tokoh dijelaskan juga. Teks biografi disusun oleh orang lain, bukan oleh diri sendiri.

Secara singkat bisa seperti ini :

Teks Biografi adalah teks yang berisi tentang kisah atau cerita suatu tokoh dalam menjalani kehidupannya, baik itu berupa kelebihan, masalah, dan bagaimana cara tokoh menghadapinya.

Struktur Teks Biografi

Orientasi – adalah bagian dimana menjelaskan atau menggambarkan penenalan pada tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh yang ditulis atau diceritakan dalam biografi tersebut.

Peristiwa dan Masalah – adalah bagian yang berisi tentang sebuah peristiwa yang pernah dialami oleh seseorang. Termasuk di dalamnya berisi tentng masalah yang pernah dihadapi tokoh dalam mencapai sebuah tujuan atau cita-cita dalam hidupnya.

Pada bagian peristiwa dan masalah ialah menceritakan hal-hal yang menarik, mengesankan, mengagumkan, dan menyedihkan yang pernah dialami oleh tokoh.

Reorientasi – adalah bagian penutup dalam biografi. Bagian ini berisi tentang pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan. Reorientasi bersifat opsional atau tidak wajib, yang artinya bagian orientasi boeh ada atau tidak dalam teks tersebut.

Ciri-Ciri Teks Biografi

  1. Harus berisi tentang fakta atau cerita yang sebenarnya terjadi pada tokoh yang diceritakan dalam teks tersebut.
  2. Dapat diteladani oleh orang lain berdasarkan pengelaman hidup tokoh dalam meghadapi masalah-masalah yang dihadapinya, sehingga merupakan seseorang yang sukses.
  3. Strukturnya terdiri dari orientasi, masalah, dan reorientasi.

Contoh Teks Biografi Singkat B.J. Habibie

biografi bj habibie
B.J. Habibie. via : wikipedia.com

Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang biasa dipanggil B.J. Habibie lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Habibie yang menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 ini dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Masa kecil Habibie  dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas berpegang pada prinsip telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie yang punya kegemaran menunggang kuda ini, harus kehilangan bapaknya yang meninggal dunia pada 3 September 1950 karena terkena serangan jantung.

Tak lama setelah bapaknya meninggal, Habibie pindah ke Bandung untuk menuntut ilmu di Gouvernments Middlebare School. Di SMA, beliau mulai tampak menonjol prestasinya, terutama dalam pelajaran-pelajaran eksakta. Habibie menjadi sosok favorit di sekolahnya.

Setelah tamat SMA di bandung tahun 1954, beliau masuk Universitas Indonesia di Bandung (Sekarang ITB). Beliau mendapat gelar Diploma dari Technische Hochschule, Jerman tahun 1960 yang kemudian mendapatkan gekar Doktor dari tempat yang sama tahun 1965.

Habibie menikah tahun 1962, dan dikaruniai dua orang anak. Tahun 1967, menjadi Profesor kehormatan (Guru Besar) pada Institut Teknologi Bandung.

Langkah-langkah Habibie banyak dikagumi, penuh kontroversi, banyak pengagum namun tak sedikit pula yang tak sependapat dengannya. Setiap kali, peraih penghargaan bergengsi Theodore van Karman Award, itu kembali dari “habitat”-nya Jerman, beliau selalu menjadi berita.

Habibie hanya setahun kuliah di ITB Bandung, 10 tahun kuliah hingga meraih gelar doktor konstruksi pesawat terbang di Jerman dengan predikat Summa Cum laude. Lalu bekerja di industri pesawat terbang terkemuka MBB Gmbh Jerman, sebelum memenuhi panggilanPresiden Soeharto untuk kembali ke Indonesia.

Di Indonesia, Habibie 20 tahun menjabat Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT, memimpin 10 perusahaan BUMN Industri Strategis, dipilih MPR menjadi Wakil Presiden RI, dan disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung menjadi Presiden RI menggantikan Soeharto.

Soeharto menyerahkan jabatan presiden itu kepada Habibie berdasarkan Pasal 8 UUD 1945. Sampai akhirnya Habibie dipaksa pula lengser akibat refrendum Timor Timur yang memilih merdeka. Pidato Pertanggungjawabannya ditolak MPR RI. Beliau pun kembali menjadi warga negara biasa, kembali pula hijrah bermukim ke Jerman.

Sumber dan Referensi
kangeryu.blogspot.co.id/2014/01/biografi-singkat-bj-habibie.html
id.wikipedia.org/wiki/Biografi
sahabatnesia.com/contoh-teks-biografi-beserta-strukturnya/
notepam.com/teks-biografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *