Contoh Teks Ulasan dan Teks Prosedur

teks ulasan dan prosedur

Setelah sebelumnya membahas lengkap tentang berbagai macam teks seperti Teks eksposisi, Teks Negosiasi dan lain lain. Kali ini materikita.com akan membahas secara lengkap mengenai Contoh Teks Ulasan dan Contoh Teks Prosedur

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan merupakan teks yang berisi ulasan atau review penilaian terhadap suatu hasil karya sastra, nonsastra, film, drama.

Struktur Teks Ulasan

Teks ulasan mempunyai struktur

  1. Orientasi
  2. Tafsiran
  3. Evaluasi
  4. Rangkuman

Teks ulasan terkadang disajikan tidak lengkap atau rumpang. Anda harus melengkapi teks ulasan rumpang tersebut dengan terlebih dahulu memahami isinya.

Anda harus menggunakan kalimat yang tepat, yaitu kalimat yang berkaitan dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Teks ulasan rumpang dapat dilengkapi dengan cara menentukan kata atau kalimat kunci yang bisa dijadikan jembatan untuk menghubungkan maksud cerita.

Contoh Teks Ulasan

Feminisme yang terdapat dalam novel Pada Sebuah Kapal sesuai dengan feminisme yang saat ini dinaut banyak perempuan, yaitu feminisme moderat.

Feminisme tersebut dianut banyak perempuan karena merupakan bentuk seimbang antara citra diri dari aspek fisik dan psikis serta citra sosial perempuan.

Perempuan yang diidealkan adalah perempuan yang mandiri. Mandiri yang dimaksud adalah mampu membaca potensi diri maupun masyarakat.

Dengan kemampuan tersebut, seseorang dapat melibatkan dirinya dalam masyarakat dan mengambil peran dalam kehidupan mereka.

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur adalah sebuah prosedur yang teridiri atas banyak langkah-langkah dan langkah -langkah itu berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya.

Pada teks prosedur, langkah-langkah itu merupakan urutan yang biasanya tidak dapat diubah ubah urutanya. Jadi, langkah awal menjadi penentu langkah-langkah berikutnya.

Bahasa yang digunakan dalam teks prosedur adalah Bahasa yang lugas dan mudah dipahami oleh pembaca. Fungsi prosedur adalah untuk memberi arahan atau petunjuk melakukan sesuatu pekerjaan.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Teks prosedur memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Menggunakan kalimat perintah berupa
    • Kata-kata tanpa imbuhan me-
    • Partikel -lah
    • Kata larangan jangan
  2. Teks prosedur kadang-kadang menggunakan bentuk saran, seperti sebaiknya dan hendaknya.
  3. Kalimat yang dipergunakan jelas.

Struktur Teks Prosedur

Struktur teks prosedur terdiri atas dua bagian yaitu tujuan dan langkah langkah. Tujuan dalam teks prosedur adalah hasil akhir yang akan dicapai. Adapun langkah langkah adalah cara-cara yang ditempuh agar tujuan dapat dicapai.

Contoh Teks Prosedur

Petunjuk penarikan uang dengan kartu ATM

  1. Siapkan kartu ATM anda
  2. Masukkan kartu ATM ke mesin
  3. Masukkan nomor PIN anda
  4. Pilih menu Bahasa (indonesia/inggris)
  5. Pilih menu tarik tunai
  6. Masukkan nominal uang yang akan Anda ambil
  7. Pilih pilihan cetak resi atau tidak
  8. Pilih keluar, lalu ambil kembali kartu Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *