Gymnospermae : Pengertian, Ciri, Manfaat, Contoh

pengertian gymnospermae dan contoh

Pada materi sebelumnya, materi kita telah membahas lengkap mengenai Apa itu angiospermae beserta ciri, manfaat, dan contoh. Pada kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai Gymnospermae, mulai dari apa arti gymnospermae, kemudian apa ciri gymnospermae, apa saja tumbuhan gymnospermae dan contohnya. Simak penjelasan lengkap berikut

Pengertian Gymnospermae

Gymnospermae berasal dari bahasa Yunani yaitu gymnos (telanjang) dan spermae (biji). Maka dari itu gymnospermae dapat diartikan sebagai tumbuhan yang menghasilkan biji terbuka. Mengapa dinamakan demikian? karena tumbuhan ini mempunyai penampakan biji pada kelompok tumbuhan ini terbuka.

Ada beberapa jenis tumbuhan ini yang mempunyai kemampuan untuk menggugurkan daunnya ketika musim gugur supaya bisa mempertahankan diri dari kekeringan.

Ciri-Ciri Gymnospermae

Ciri utama tumbuhan gymnospermae antara lain sebagai berikut :

  • Berakar tunggang
  • Mempunyai daun sempit, tebal, dan kaku
  • Mempunyai akar, batang dan daun sejati
  • Bakal biji tidak dilindungi oleh daun buah
  • Bakal tumbuh dan terletak di luar megasporofil
  • Sporofil jantan dan betina terpisah
  • Tidak mempunyai bunga sejati
  • Tidak mempunyai mahkota bunga

Manfaat Gymnospermae

Tumbuhan gymnospermae bermanfaat untuk industri kertas dan korek api (Pohon pinus dan Agathis atau Kauri), untuk makanan (Gnetum gnemon atau melinjo), untuk obat-obatan (Ephedra, Pinus, Juniperus), dan untuk tanaman hias (Cupressus, Thuja, Araucaria)

  1. Bahan baku kertas : Beberapa jenis pohon cemara (Kasuarina, Allocasuarina, Allocasuarina littotalis, Allocasuarina luehmannii)
  2. Bahan makanan atau minuman : Melinjo (Gnetum gnemon) dan Juniver
  3. Bahan obat-obatan : Ginkgo biloba dan Abis balsamea
  4. Bahan bangunan : Pinus silvetris dan Thuya (cemara)
  5. Bahan baku ukiran : Texus baccata (cemara inggris)
  6. Penghasil getah : Pinus merkusii

Contoh Tumbuhan Gymnospermae

ciri dan manfaat pohon pinus

Berikut adalah beberapa contoh tumbuhan gymnospermae lengkap beserta gambar, penjelasan, dan manfaatnya

1. Pinus

Mempunyai nama latin Pinus Mercusii atau Casuarina atau Pinus Longaeva merupakan tumbuhan yang menghasilkan getah untuk dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh manfaat getah pinus yaitu dapat diolah sebagai bahan utama untuk membuat sabun dan cat, selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk industri parfum. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis Pinus Mercusii.

Kayu dari pohon pinus dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, sebagai batang korek api, dan dijadikan sebagai kertas dengan serat panjang. Kulitnya yang lumayan tebal dapat dijadikan bahan bakar yang nantinya akan menjadi abu dan bisa dimanfaatkan sebagai campuran pupuk organik yang berkalium tinggi.

Selain banyak manfaat seperti yang dijelaskan di atas, pohon pinus juga mempunyai beberapa kekurangan yaitu sangat rentan terbakar sehingga apabila terjadi kebakaran di dekat pohon ini yang kemudian merambat, maka api akan berkobar tambah besar. Untuk harga jual Pinus Mercusii sendiri lumayan tinggi, jadi jangan heran jika di sekitar kita ada banyak lahan yang digunakan untuk membudidayakan tumbuhan ini.

2. Pohon Cemara

Pohon cemara mempunyai nama latin Aracaria Cuninghamii adalah tumbuhan yang mempunyai bentuk daun unik dan indah. Selain bentuk daunnya yang khas pohon ini juga tidak mempunyai buah sehingga termasuk dalam Contoh Tumbuhan Gymnospermae. Pohon cemara mempunyai beberapa jenis yaitu :

  • Cemara Kipas
manfaat cemara kipas

Berasal dari genus Thuja dan keluarga Cipressaceae, biasa disebut sebagai cemara cakar ayam. Cemara Kipas ini merupakan tumbuhan yang hidup di lingkungan lembab dan dapat ditemukan di rawa-rawa.

Manfaat Cemara Kipas yaitu sebagai obat kudis dari suku India, sebagai obat penyakit rematik, psoriasis dan cystitis. Kayunya dapat dimanfaaatkan untuk membuat pagar atau perahu. Seiring berkembangnya waktu, beberapa orang memanfaatkan pohon ini sebagai tanaman hias.

  • Cemara Pinsil
manfaat cemara pinsil

Berasal dari keluarga Cupressaneae yang berasal dari wilayah mediterania. Ciri unik cemara pinul yaitu mempunyai kayu dengan bau yang harum, sehingga tidak heran jika beberapa pintu gereja dibuat menggunakan pohon ini.

Pada zaman dahulu pohon ini digunakan oleh orang Yunani dalam upacara pemakaman, sebagai penghormatan terakhir bagi orang yang meninggal dunia. Akan tetapi seiring berkembangnya waktu tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

manfaat melinjo

3. Melinjo

Memiliki nama latin Gnetum Gnemon Linn termasuk tumbuhan yang masuk dalam keluarga Gnetaceae. Melinjo dalam Bahasa Sunda disebut sebagai tangkil dan dalam Bahasa Melayu disebut bago.

Melinjo adalah salah satu contoh tumbuhan gymnospermae yang mempunyai batang kokoh,bentuk daun yang unik yaitu oval yang ujungnya tumpul, dan diperkirakan dapat bertahan hidup hingga 100 tahun.

Beberapa manfaat tumbuhan melinjo antara lain sebagai anti oksidan yang dapat mencegah berkembangnya penyait dalam tubuh, mencegah terjadinya penuaan dini, mencegah pikun, dan dapat dimanfaatkan sebagai obat asam urat. Akan tetapi pengobatan asam urat dengan melinjo harus diiringi dengan mengurangi asupan makanan yang digoreng, jika tidak maka hasilnya akan kurang memuaskan.

kandungan pohon damar

4. Pohon Damar

Mempunyai nama latin Agathis Dammara adalah pohon yang menghasilkan getah sama seperti pohon pinus. Pohon Damar hidup di wilayah Jawa,Sulawesi, dan Maluku. Pohon ini mempunyai diameter yang cukup lebar yaitu bisa mencapai 1 meter. Ada beberapa senyawa yang ditemukan di pohon ini antara lain asam, resin, alkohol kompleks, resinat dan balsam.

Pohon Damar mempunyai banyak manfaat antara lain :

  • kayunya dapat dimanfaatkan untuk pembangunan
  • getahnya dimanfaatkan untuk industri plastik,tekstil, dan cat
  • dapat dijadikan obat HIV,
  • untuk mengobati sakit gigi, luka bakar, dan gangguan pada telinga dan mata.

5. Pakis Haji

manfaat pohon pakis haji

Mempunyai nama lain Cycas Rumphii adalah salah satu contoh tumbuhan gymnospermae. Di Indonesia Pakis Haji sering disebut dengan nama ‘sikas’ atau ‘aji’. Tanaman ini biasanya dibudidayakan sebagai tanaman hias, selain itu Tanaman Pakis Haji juga mempunyai beberapa manfaat antara lain :

  • daun dan batangnya untuk masak tumis
  • dijadikan sayur pakis, dan
  • sebagai lalaban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *