Kelas Maya : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Jenis, Kelebihan, Kekurangan

kelas maya

Dijaman yang modern ini hampir semua hal yang ada di dunia nyata mulai masuk ke dunia digital, tidak terkecuali dengan sistem pembelajaran. Banyak muncul metode-metode pembelajaran melalui online seperti kursus dan lain-lain.  Sistem pembelajaran melalui itulah yang disebut kelas maya.

Lalu apa itu kelas maya? di materi ini akan dibahas lengkap mengenai pengertian kelas maya, manfaat dan tujuan, komponen pendukung, fitur, serta kelebihan dan kekurangan beserta jenis dan contoh penerapannya.

Pengertian

Apa yang dimaksud kelas maya?

Kelas maya atau yang biasa disebut juga Virtual Class yaitu suatu cara proses pembelajaran yang dilakukan secara online (daring). Sehingga proses pembelajaran tidak hanya bisa dilakukan didalam kelas tetapi bisa dilakukan dimana saja.

Manfaat Kelas Maya

  1. Materi yang lebih luas. Karena dilakukan secara online, maka jangkauan materi yang dipelajari juga semakin luas. Sehingga membuat para siswa mempunyai banyak sumber untuk belajar
  2. Fleksibel. Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Sehingga membuat para siswa menjadi lebih nyaman dalam belajar.
  3. Hemat waktu. Karena kelas maya dapat dilakukan dimana saja, itu artinya kelas maya pun juga bisa dilakukan didalam rumah. Sehingga akan membuat kita lebih hemat dalam urusan waktu.
  4. Hemat biaya. Selain hemat waktu, kelas maya juga bisa membuat kita hemat biaya, karena tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk pergi ketempat belajar. Dan didalam kelas maya juga tidak memerlukan buku dan pena untuk menulis.
  5. Lebih aman. Karena tidak perlu keluar umah itu akan membuat kita lebih aman dalam mendapatkan ilmu.
  6. Kolaborasi, kelas maya juga dapat mendukung proses belajar secara kolaborasi.

Tujuan

Berikut beberapa tujuan dari kelas maya :

  1. Dapat membuat siswa lebih nyaman dalam belajar, karena proses pembelajaran bisa dilakukan dimana saja.
  2. Meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi.
  3. Dapat membuat siswa belajar dengan maksimal, keran tidak merasa bosan dengan suasana belajar yang monoton.

Komponen Pendukung

Harus ada komponen pendukung agar kelas maya dapat berlangsung secara maksimal. Berikut beberapa kompenen pendukung yang diperlukan:

  1. Konten pembelajaran. Guru harus memiliki konten pembelajaran dalam mengajar siswanya yang tidak diperlukan tatap muka.
  2. Perangkat keras. Perangkat keras sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran kelas maya, seperti komputer, laptop, tablet, maupun smartphone.
  3. Perangkat lunak. Perangkat lunak yang dimaksud yaitu sebuah sistem software yang digunakan dalam kegiatan belajar kelas maya, sepert LMS, LCMS dan SLN.
  4. Strategi komunikasi. Cara yang dilakukan antar guru dengan siswanya sehingga menciptakan suasana belajar yang maksimal.
  5. Koneksi internet. Koneksi internet sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran kelas maya. Karena tanpa adanya koneksi internet pembelajaran menggunakan kelas maya tidak akan bisa berlangsung.

Fitur-fitur

Dalam kelas maya juga memiliki fitur yang menarik sehingga proses pembelajaran tidak merasa bosan. Berikut beberapa fitur dalam kelas maya:

  1. Memiliki konten yang relevan dengan tujuan pembelajaran.
  2. Melakukan proses pembelajaran instruksional, yaitu metode langsung contoh dan praktek. Sehingga siswa akan lebih cepat dalam proses belajar.
  3. Dalam kelas maya biasanya juga sering menggunakan media gambar dalam menyebarkan metode pembelajaran.
  4. Kelas mayapun bisa dilakukan secara langsung (synchronous) maupun tidak langsung (asynchronous).
  5. Menciptakan pengetahuan baru secara teknik sehingga dapat menunjang proses pembelajaran secara lebih baik.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

Berikut ini beberapa kelebihan yang didapat dalam menggunakan kelas maya:

  • Proses pembelajaran yang menarik karena lebih fleksibel dalam urusan waktu dan tempat.
  • Siswa tidak memerlukan media pembelajaran seperti buku dan pena. Sehingga dapat menghemat biaya dalam belajar.
  • Siswa akan lebih dapat menerima materi secara maksimal dengan menggunak metode yang menarik.
  • Siswa juga akan lebih aktif dalam proses pembelajaran.
  • Guru berperan sebagai media penyedia dan pendukung dalam proses pemberian materi belajar.
  • Proses belajar yang fleksibel dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Kekurangan

Berikut beberapa kekurangan yang didapat dari kelas maya :

  • Karena kelas maya menggunakan konkeksi internet, terkadang para siswa merasa kesulitan dalam mengikuti pembelajaran karena sulitnya mendapat koneksi.
  • Dapat mengurangi rasa sosial siswa karena pembelajaran yang bersifat individualisme.
  • Apabila peserta didik kurang pandai dalam mengambil materi, maka akan berpengaruh dalam pengetahuannya.
  • Guru harus mempunyai kemampuan yang profosional dalam memberikan materi, supaya para siswa tidak merasa malas dalam belajar.
  • Membutuhkan spesifikasi hardware, software dan koneksi internet yang tinggi.

Jenis-jenis

1. Learning Management System (LSM)

Learning Management System yaitu sebuah software (perangkat lunak) yang biasa digunakan dalam kelas maya yang berfungsi sebagai perencanaan, pengiriman dan pengolahan kegiatan dalam belajar.

2. Learning Content Management System (LCMS)

Learning Content Management System yaitu sebuah software (perangkat luna) yang dikembangkan dari LMS sehingga LCMS ini memiliki lebih banyak fungsi. Fitur tambahn yang ada dalam LCMS ini berupa dapat mengawasi proses dalam belajar, menyediakan, merinci dana melakukan publikasi dokumen yang bersifat lebih spesifik.

3. Social Learning Network (SLN)

Software ini merupakan perkembangan lebih lanjut dari software sebelumnya yaitu LSM dan LCSM.

Baca juga

Pengertian dan Macam-macam Server

6 Macam Linux beserta Kelebihan dan Kekurangan

Kumpulan Perintah Command Prompt (CMD)

Contoh Penerapan

Salah satu contoh penerapan kelas maya yaitu penggunaan Edmodo. Edmodo merupakan salah satu software yang banyak digunakan dalam proses pembelajaran Virtual Class antar guru dan siswa. Edmodo dianggap lebih efektif dalam proses pembelajaran sehingga banyak sekolah yang menggunakan aplikasi ini untuk media pembelajaran.

Keunggulan edmodo antara lain tesedianya fasilitas yang mudah digunakan dan aman sehingga dapat mengembangkan kelas lebih baik dan menarik.

Beberapa keunggulan yang dimiliki edmodo yaitu :

  • Edmodo memiliki sistem Closed Group Collaboration, yaitu hanya mereka yang memiiki kode akses grup yang dapat mengikuti kelas.
  • Komunikasi yang menggunakan media sosial.
  • Manajemen konten yang menarik.
  • Evaluasi setiap proses pembelajaran

Beberapa fitur yang dimiliki edmodo yaitu :

  1. Assignment
    Assignment merupakan fitur yang digunakan oleh guru untuk memberikan tugas kepada para siswanya yang dilakukan secara online. Dalam fitur ini juga dilengkapi fitur deadline  dan attach file, sehingga siswa dapat mengerjakan tugas yang diberikan selama batas waktu yang ditentukan, selain itu siswa juga dapat mengirimkan tugas mereka berupa file kepada guru.
    Selain itu terdapat fitur Turn In yaitu fitur yang menandakan para siswa sudah menyelesakan tugas mereka. Guru juga dapat langsung memberikan skor kepada para siswanya.
  2. File and Links
    Fitur ini merupakan fitur dimana para siswa mengirimkan tugasnya berupa file yang berupa  .doc, .pdf,  .ppt, .xls, dll,
  3. Quiz
    Fitur ini digunakan untuk memberikan evaluasi baik berupa pilihan ganda, isian singkat, baik benar dan mencocokan maupun soal uraian.
  4. Parents Code
    Fitue ini memberikan kesempatan para orang tua untuk memantau aktivitas belajar dan prestasi yang didapat putra putrinya. Sebelumnya guru harus mengakses kode untuk orang tua siswa dan kemudian siswa memberikan kode tersebut kepada orang tua mereka, sehingga para orang tua bisa mengakses edmodo menggunakan kode yang diberikan.
  5. Award Badges
    Award Badges merupakan fitur yang diberikan kepada siswa maupun kelompok terbaik. Penghargaan tersebut ditentukan oleh guru yang mengajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *