Menentukan Kalimat Utama (Awal dan Akhir Paragraf)

Cara menentukan kalimat utama

Cara Menentukan Kalimat Utama – Bacaan tersusun dari beberapa paragraf, paragraf tersusun dari satu kalimat utama serta kalimat penjelas. Kalimat utama adalah kalimat yang berisi ide pokok dalam satu paragraf. Kalimat penjelas menjelaskan kalimat utama.

Kalimat utama terdapat di awal, diahir dan keduanya. Letak kalimat utama menjadi penentu dari jenis paragraf di bacaan. Letak kalimat utama di awal paragraf disebut paragraph deduktif, lalu jika kalimat utama berada di akhir paragraf disebut paragraph induktif, jika kalimat utama terletak di keduanya (awal dan akhir) maka disebut paragraf.

Mencari ide pokok paragraf

Ide pokok atau gagasan pokok ataupun gagasan utama adalah masalah utama yang di ungkapkan dalam bacaan. Ide pokok bisa terletak di awal (deduktif), di akhir (induktif) maupun keduanya (deduktif-induktuf).

Mencari kalimat utama

Langkah untuk menentukan kalimat utama

  1. Membaca kalimat pertama dan terahir dalam paragraf.
  2. Menentukan ide pokok dari kalimat kalimat tersebut.
  3. Kalimat yang mengandung ide pokok disebut kalimat utama.

Mencari simpulan paragraph

Simpulan paragraf adalah inti dari paragaf. Untuk mencari simpulan dari isi paragaraf, bacalah terlebih dahulu dari awal hingga akhir. Untuk mancari simpulan paragraf dapat ditempuh dengan cara berikut:

  1. Membaca paragraf dari awal hingga akhir.
  2. Mencari ide pokok dari paragraf tersebut.
  3. Simpulan paragraf berdasar dari ide pokok.

Baca juga

Contoh Teks Biografi dan Strukturnya

Contoh Penggunaan Huruf Kapital dalam Kalimat Bahasa Indonesia

Pengertian, Ciri, dan Manfaat Drama

Menentukan peryataan sesuai dengan isi paragraf

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, pernyataan adalah pemberitahuan atau pemakluman. Peryataan di paragraf dapat berisi informasi yang ditulis penulis. Cara untuk menentukan pernyataan adalah dengan memahami segala informasi dalam paragraf. Pernyataan sesuai dengan paragraf dapat ditentukan dengan cara membahasakan ulang kalimat di paragraf.

Kalimat itu harus sesuai dengan ide pokok yang dibahas. Menentukan kalimat tanya di paragraf dalam bacaan membawa inti masalah yang akan disampaikan pada pembaca. Isi bacaan terdapat di paragraf pertama, kedua, ketiga atau yang lainya. Isi bacaan adalah inti yang dibahas dalam bacaan. Isi bacaan termasuk objek yang dibicarakan (apa), lalu berkaitan orang yang ada dalam pembicaraan (siapa), dengan waktu (kapan),  dengan tempat (di mana ), dengan alasan (mengapa), dan berkaitan dengan uraian peristiwa (bagaimana).

Menjawab pertanyaan dengan menggunakan kata tanya bagaimana dan mengapa. Jawaban dari kalimat tersebut harus sesuai dengan isi paragraf.

Menjawab pertanyaan atas kata kanya bagaimana dan mengapa

  1. Kata tanya bagaimana. Kalimat ini menanyakan penjelasan dari permasalahan. Jawaban dari kata tanya bagaimana yaitu penjelasan atau uraian permasalahan yang ditanyakan.
  2. Kata tanya mengapa. Kalimat ini menanyakan sebab atau alasan datangnya suatu masalah atau peristiwa dalam bacaan. Alasan yang keluar dalam kalimat bacaan dapat ditandai adanya kata sebab atau karena.

Baca juga Penggunaan Tanda Baca Titik, Koma, dan Titik Dua

Memprediksi kejadian berdasar isi bacaan

Bacaan menyediakan informasi. Selain itu bacaan berisi kejadian atau peristiwa. Sebagai pembaca, kamu dapat memperkirakan kejadian berdasar isi bacaan. Kamu dapat memperkirakan kejadilan dalam bacaan dengan cara memahami isi bacaan secara keseluruhan. Peristiwa atau kejadian yang kamu tentukan harus sesui denga isi bacaan. Jika satu masalah muncul, maka masalah lain juga akan muncul. Akan tetapi, masalah itu memiliki nilai positif dalam kehidupan.

Untuk lebih jelas lagi simak video penjelasan berikut ini

Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama dalam Paragraf

  1. (1) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam beberapa kesempatan menjelaskan bahwa Kurikulum 2013 diprioritaskan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditas A atau mantan RSBI. (2) Keterjangkauan distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah pelaksana Kurikulum 2013. (3) Kemdikbud juga menerangkan bahwa Kurikulum 2013 ini berfokus pada empat hal. (4) Keempat hal tersebut, pengembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan karakter yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah dan pendekatan saintifik.
    Kalimat utama paragraf tersebut adalah …
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)
  2. (1) Seiring dengan kemajuan zaman, banyak hal yang mengalami kemajuan. (2) Yang paling mencolok adalah kemajuan teknologi yang makin canggih dalam berbagai aspek kehidupan. (3) Selain itu, secara ekonomis, masyarakat juga dapat makin menjangkau teknologi informasi dan teknologi kesehatan. (4) Salah satunya adalah pengolahan jamu pada saat ini sudah menggunakan teknologi.
    Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor …
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)
  3. (1) Selama Mei 2010 ini Aremania mengumpulkan dana sumbangan. (2) Dana itu digunakan untuk membeli bahan-bahan kebutuhan hidup, seperti beras, gula, teh, kopi, mie instan, dan lain-lain. (3) Setelah itu, bahan-bahan tersebut mereka bagi-bagikan ke berbagai panti asuhan. (4) Hal itu membuktikan, Aremania adalah suporter yang memiliki kepedulian sosial.
    Kalimat utama paragraf tersebut berada pada nomor …
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)
    Penjelasan jawaban nomor 4 : Karena kalimat ini diperjelas oleh kalimat-kalimat yang lain. Kalimat 1, 2, dan 3 adalah gagasan penjelas karena isinya memperjelas gagasan kalimat 4. (ini adalah contoh paragraf induktif, yaitu paragraf yang mempunyai kalimat utama di bagian akhir paragraf)
  4. 1) Penebangan hutan menjadi penyebab utama kerusakan habitat kupu-kupu. 2) Setiap jenis kupu-kupu sangat tergantung pada jenis pohon tertentu. 3) Jika jenis pohon yang ditebang semakin banyak, jenis kupu-kupu di Indonesia akan semakin berkurang. 4) Julukan sebagai “Negeri Kupu-Kupu” bagi Indonesia pun tidak sesuai lagi.
    Kalimat utama paragraf tersebut berada pada nomor …
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)
  5. (1) Orang yang akan pensiun tidak perlu stres.(2) Pendiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji.(3) Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memilii baban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai.(4) Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres.
    Kalimat utama paragraf tersebut berada pada nomor …
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)

Sumber dan referensi

  • Buku Erlangga Express UN 2018
  • guruberbahasa.com
  • basindon.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *