Pengertian dan Macam-Macam Hari Kiamat

pengertian hari kiamat

Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas pengertian iman, selain mengetahui pengertian iman kita juga harus mempercayai adanya hari akhir yang pasti akan datang. Ada yang harus kita persiapkan yaitu beribadah semaksimal mungkin agar kita mempunyai bekal yang cukup untuk kehidupan selanjutnya nanti. Di sini akan kita bahas lengkap mengenai pengertian kiamat, macam-macam kiamat, dan apa yang seharusnya kita lakukan sebelum hari kiamat datang. Simak penjelasan berikut :

Pengertian Hari kiamat

Hari Kiamat adalah hari berakhirnya seluruh kehidupan dialam semesta . Oleh karna itu hari kiamat itu adalah hari tegaknya ketetapan allah swt maka hari kiamat disebut hari akhir.

Setelah hidup didunia ini berakhir, maka kehidupan kita akan berlanjut diakhirat allah menyatakan bahwa hari kiamat pasti akan datang. Seperti firman Allah berikut :

Artinya:”Dan sungguh (hari) kiamat ituakan datang,tidak ada keraguan padanya;Dan sungguh allah akan membangkitkan siapapun yg didalam kubur (Q.S Al hajj/22:7)

Ragam Hari Kiamat

Kiamat sugra

Kiamat sugra adalah hari akhir untuk kehidupan suatu makhluk didunia ini.Dalam hal ini kematian merupakan bentuk hari akhir atau hari kiamat untuk makhluk tsb.

Contoh kiamat sugra

  1. tsunami
  2. gempa bumi
  3. banjir
  4. tanah longsor
  5. gunung meletus. dll

Kiamat kubra

Kiamat kubra adalah hari akhir untuk kehidupan seluruh makhluk didunia ini, kiamat kubra terjadi pada semua makhluk dibumi ini. Kata kubra berarti besar. Dengan demikian kiamat kubra terjadi pda semua makhluk dibumi ini tanpa terkecuali bahkan jin dan malaikat pun kecuali yg dikehendaki allah swt.

Kejadian Kiamat Kubra

  • Malaikat  israfil meniup sangkakala utk pertama kalinya dan seluruh makhluk didunia ini mati.Kecualiyg dikehedaki allah.
  • Tiupan sangakakala tsb membuat meteor berjatuhan ke bumi. Lintasan jatuhnya meteor akn tampak dari bumi seakan membelah langit.
  • Dg jatuhnya meteor ini bumu akan rusak parah , Bumi berguncang air laut meluap menjadi tsunami terbesar dalam sejarah bumi.Apa yang ada didalam perut bumi keluar,spt lahar dan bebatuan.

Baca juga

Pengertian dan Macam-macam Syirik

Pengertian Hukum Qiradh Menurut Islam

Pengertian dan Contoh Zuhud

Beberapa Nama Untuk Hari Akhir

  1. Yaumul Barzah yaitu hari penantian bagi orang yg telah mati.
  2. Yaumul Batsi yaitu hari dimana semua orang yg telah mati mengalami kebangkitan.
  3. Yaumul Hasyr yaitu hari dibangkitkanya orang2 yg telah mati.
  4. Yaumul Mizan yaitu hari perhitungan amal pada saat didunia setiap manusia.

Surga dan Neraka

Surga adalah tempat nan indah dan penuh kenikmatan yg disediakan allah untuk orangyg beriman dan beramal saleh .Didalam surga orang akan menjalani kehidupan yg teramat nyaman dan nikmat seabagai balasan atas keimanan amal saleh mereka.

Neraka adalah tempat yang sangat mengerikan yang amat sangat panas (700x lipat lebih dari api yg paling panas dibumi).Yang disediakan utk orang2 yang berzina, kafir serta orang2 dhalim yang tidak menuruti perintahnya dan tidak menjauhi laranganya.

Beriman Kepada Hari Akhir

Beriman kepada hari akhir meliputi yakin sepenuhnya ttg hal2 berikut:

  1. Hari penghabisan akan terjadi dg hancurnya bumi ini
  2. Seluruh makhluk mati
  3. Manusia dibangkitkan kembali
  4. Manusia akan diminta pertanggun jawaban amalnya semasa hdup
  5. Manusia kan mendapatkan apa balasanya
  6. Orang beriman akan masuk surga
  7. Orang yg beramal buruk akan masuk neraka

Sikap Yang Benar Pada Hari Akhir

  • Menyadari bahwa kehidupan ada batasnya,Berusaha menjaga amal
  • Memnfaatkan waktu sebaikmungkin utk beramal saleh,Minta ampunan

Demikian materi tentang Pengertian Hari Kiamat yang dapat materikita rangkum. Jangan lupa baca materi pendidikan agama islam yang lain. Terima Kasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *