Pengertian Korupsi, Kolusi, Nepotisme

korupsi kolusi nepotisme

Pada masa orde baru terjadi banyak sekali penyimpangan pada pemerintahan salah satunya yaitu maraknya terjadi KKN atau Korupsi, Kolusi, Nepotisme di Indonesia. KKN ini merupakan salah satu dari Kekurangan Sistem Pemerintahan Orde baru di Indonesia. Berbicara tentang KKN berikut akan dibahas lengkap mengenai Pengertian Korupsi, Kolusi, Nepotisme. Simak penjelasan berikut :

Pengertian Korupsi

Korupsi adalah tingkah laku individu yang menggunakan wewenang dan jabatan guna mengeruk keuntungan pribadi, merugikan kepentingan umum, dan negara.

Contoh tindakan korupsi, yaitu :

  1. Menerima gratifikasi
  2. Pemerasan dalam jabatan
  3. Memperkaya diri sendiri
  4. Memberi hadiah atau janji kepada pegawai negeri
  5. Memberi atau menjanjikan sesuatu kepada hakim dengan maksud mempengaruhi putusan perkara yang diserahkan kepadanya untuk diadili
  6. Setiap orang yang pada waktu menyerahkan barang keperluan Tentara Nasional Indonesia atau Kepolisian Negara Republik Indonesia melakukan perbuatan curang yang dapat membahayakan keselamatan negara dalam keadaan perang
  7. Pegawai negeri atau orang lai selain pegawai negeri yang ditugaskan menjalankan suatu jabatan umum secara terus-menerus atau utuk sementara waktu dengan sengaja menggelapkan uang atau surat berharga yang disimpan karena jabatannya, atau membantu dalam melakukan kegiatan tersebut.

Baca juga

Kelebihan dan Kekurangan Orde Baru

Latar Belakang dan Penyimpangan Demokrasi Terpimpin di Indonesia

Teori Masuknya Hindu-Budha di Indonesia

Pengertian Kolusi

Kolusi dalam artian umum merupakan suatu tindakan yang tidak baik dengan melakukan kecurangan dalam suatu kejadian dengan adanya kesepakatan-kesepakatan khusus yang disepakati antara dua belah pihak secara tersembunyi dengan melakukan penyuapan demi memperlancar terjadinya kejadian tersebut berjalan sesuai keinginan.

Contoh tindakan kolusi, yaitu :

  1. Penyuapan agar diterima menjadi PNS
  2. Penyuapan agar diterima di sekolah favorit
  3. Penyuapan agar nilai rapor bagus

Pengertian Nepotisme

Nepotisme adalah setiap perbuatan penyelenggara negara secara melawan hokum yang mengutamakan kepentingan keluarga dana tau kroninya di atas kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara. Nepotisme dapat diartikan sikap yang memilih kasih dengan mementingkan anak, kerabat, atau orang yang terdekat lainnya.

Contoh tindakan nepotisme, yaitu :

  1. Warisan kekuasaan seorang gubernur pada anaknya
  2. Memberi jabatan atau kedudukan kepada keluarganya tana prosedur yang benar.

Demikian Pengertian dan Contoh Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme yang bisa kami rangkum. Jangan lupa baca artikel sejarah yang lain di blog ini. Terima kasih, semoga bermanfaat.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *