10+ Peraturan dan Pelanggaran dalam Permainan Basket

peraturan dan pelanggaran dalam basket

Dalam setiap permainan atau pertandingan pasti mempunyai aturan yang harus ditaati oleh setiap peserta. Agar permainan berlangsung secara fair dan tidak terjadi kecurangan. Begitu juga dengan permainan bola basket, ada beberapa aturan dan larangan yang harus ditaati oleh para pemain. Berikut akan materikita rangkum dalam artikel 10+ Macam Peraturan dan Pelanggaran dalam Permainan Bola Basket. Simak penjelasan berikut :

peraturan dan pelanggaran basket
Pro Basketball Team, source : pixabay.com

Peraturan dalam Permainan Bola Basket

Berikut adalah peraturan yang harus diikuti oleh setiap peserta dalam pertandingan bola basket :

Aturan Garis Serang Pada Permainan Basket

Dalam melaksanakan permainan basket sudah tentu membutuhkan lapangan, selain lapangan tersebut ada pula garis serang yang diatur untuk lawan sepanjanga 6 meter dan jarak antara ring dengan garis tembakan hukuman sepanjang 3,6 meter. Aturan itu mungkin berguna untuk kamu yang akan bermain basket tidak pada lapangannya, bisa membuat lapangan sendiri.

Aturan Mengenai Ukuran Bola Basket

Selain lapangan dan garis permainan basket juga mempunyai aturan dalam ukuran bola, jika ukuran tidak sesuai maka akan terjadi ketidaksesuaian saat melakukan tambakan menuju ring. Maka dari itu pastikan ukuran bola tersebut mempunyai keliling 75cm sampai 78cm.

Aturan Mengenai Serangan Pada Bola Basket

Permainan bola basket mempunyai aturan dalam pemakaian kostum yaitu nomor depan akan mempunyai tinggi sekitar 10cm dan lebar 2cm, selain itu seragamnya juga mempunyai warna yang dominan depan dan belakang.

Aturan Wasit

Dalam basket terdapat dua wasit. Wasit pertama mempunyai tugas menjaga jalannya pertandingan dan mengambil keputusan dalam sebuah pertandingan selama 40 menit. Wasit kedua atau yang biasa disebut Wasit Umpire mempunyai tugas sebagai asisten wasit utama yang dititik tengah, tugasnya ialah sebagai pengambil keputusan jika terjadi sebuah pelanggaran dalam jarak dekatnya.

Aturan Mengenai Aksesoris Tambahan

Selain peraturan di atas, ada juga aturan tentang tambahan aksesoris yang digunakan oleh pemain contohnya dekker yang berfungsi sebagai pelindung area tubuh. Aksesoris handband dengan ukuran lebar maksimal  5cm, serta aturan lain pemain dilarang menggunakan aksesoris seperti anting, cincin, kalung, dan perhiasan lain selama bertanding. Dengan demikian pertandingan dapat berjalan aman tanpa risiko terjadi kecelakaan akibat aksesoris tambahan pemain.

Aturan Waktu Kedatangan

Dalam bola basket juga diatur mengenai waktu kedatangan pemain sebelum bertanding. Aturan waktu kedatangan pemain basket sebelum bertanding para pemain disarankan hadir 30 menit sebelum pertandingan dimulai.

 

Baca juga Pengertian dan Manfaat Senam Lantai

 

Setelah mengetahui macam-macam aturan dalam permainan basket, sudah seharusnya kita tahu juga tentang pelanggaran yang dilarang dalam basket. Simak penjelasan berikut :

Pelanggaran dalam Permainan Bola Basket

Berikut adalah peraturan yang harus diikuti oleh setiap peserta dalam pertandingan bola basket :

Jumping

Pelanggaran ini diberikan kepada pemain yang akan melakukan tembakan dengan cara melompat tapi tidak jadi menembak.

Pushing

Pushing artinya mendorong, wasit akan menganggap pelanggaran jika ada pemain bola basket yang melakukan dorongan terhadap pemain lain.

Blocking Foul

Wasit akan memberi pelanggaran terhadap pemain yang menjadi penghalang atau sengaja menghalangi pemain dari tim lawan.

Back Court atau Back Ball

Pelanggaran ini diberikan kepada pemain yang membawa bola kembali ke area pertahanan, padahal pemain sudah melewati garis tengah.

Travelling

Pelanggaran ini sering dilakukan oleh para pemain basket, yaitu pemain tidak menggiring bola dalam 3 langkah sambil jalan maupun lari. Jadi setiap pemain basket harus menggiring bola secara teratur setiap 3 langkah sekali.

Foul

Pelanggaran ini dikarenakan oleh pemain yang melanggar pemain dari tim lawan. Wasit akan menanggap pelanggaran ketika pemain tersebut melanggar dengan defense atau reaching yang salah.

Di atas adalah rangkuman mengenai peraturan dan pelanggaran dalam permainan basket. Baca juga artikel tentang PJOK lainnya hanya di materikita.com. Semoga bermanfaat!

Senam Lantai

Ilham R
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *