Rabun Jauh – Pengertian, Gejala, Penyebab dan Cara Pencegahannya

apa rabun jauh itu

Apa rabun jauh itu? mungkin sudah banyak yang tahu apa itu rabun jauh atau yang biasa disebut miopi. Kalau begitu langsung saja ke pengertian rabun jauh secara formal, berikut penjelasannya

Pengertian Rabun Jauh

Rabun Jauh adalah kondisi mata yang menyebabkan benda yang letaknya jauh terlihat tidak jelas atau kabur, sedangkan yang dekat terlihat jelas. Rabun Jauh disebut juga dengan sebutan Miopi.

Tingkat keparahan rabun jauh sangat beragam dan berbeda-beda di setiap penderita. Pengidap rabun jauh yang ringan biasanya tidak membutuhkan penanganan khusus.

Namun, rabun jauh yang tergolong parah akan mempengaruhi kemampuan melihat pengidapnya sehingga harus ditangani dengan seksama.

Gejala Penyakit Rabun Jauh

Gejala Rabun Jauh bisa terjadi kepada siapa saja dari semua kalangan umur. Kondisi ini biasanya mulai dirasakan oleh penderita pada usia sekolah hingga remaja. Berikut adalah 5 Gejala Rabun Jauh yang sering muncul

  1. Pandangan blur saat melihat benda yang jauh sehingga sering menyipitkan mata, sebagai contoh sulit melihat tulisan yang ada di papan tulis ketika duduk di bagian belakang.
  2. Mata terlalu lelah sehingga menyebabkan sakit kepala.
  3. Terlalu sering mengedipkan mata.
  4. Sering menggosok mata.
  5. Tidak menyadari keberadaan objek yang jauh.

Gejala tersebut perlahan lahan akan makin parah seiring bertambahnya usia dan perkembangan mata. Contoh pada lansia biasanya penurunan kemampuan mata berhubungan dengan terbentuknya katarak pada mata lensa mata.

Jika anda atau sodara anda ada yang mengalami ciri- ciri di atas secara signifikan, maka segeralah periksakan kondisi mata anda atau sodara anda tersebut ke dokter spesialis mata.

Penyebab Rabun Jauh

Dalam kondisi normal, kornea mata mempunyai bentuk dan ukuran yang memungkinkan cahaya masuk dan difokuskan pada retina. Namun pada penderita rabun jauh kornea mata menjadi lebih penjang dari kornea mata orang normal yang mengakibatkan cahaya tidak terfokus pada retina melainkan berada satu titik di depan retina.

Tetapi bukan hanya kornea yang menjadi penyababnya, ada faktor lain yang sering menjadi penyebabnya yaitu kerusakan refraktif pada mata. Kerusakan refraktif pada mata lapisan kornea tidak tidak mulus seperti mata normal, sehingga cahaya yang masuk tidak bias dibiaskan secara normal. Cahaya yang masuk malah justru difokuskan di depan retina yang mengakibatkan pandangan jarak jauh menjadi blur.

Penyebab terjadinya kerusakan tersebut belum dipastikan sumbernya, Para pakar bahwa kondisi ini bias dipicu oleh dua factor yaitu keturunan dan lingkungan.

Anak-anak yang mempunyai orang tua mengidap rabun jauh biasanya lebih besar kemungkinan untuk terkena kondisi yang sama. Selain itu pengaruh lingkungan juga berpengaruh penting seperti sering membaca, menonton tv, atau menggunakan computer.

Cara Mencegah Rabun Jauh

Rabun Jauh tidak bisa dicegah sepenuhnya. Meskipun demikian ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk melindungi mata agar supaya kondisi membaik. Langkah langkah untuk mencegah rabun jauh sebagai berikut :

  1. Memeriksa kesehatan secara berkala
  2. Menggunakan kacamata atau lensa sesuai dengan kondisi mata anda
  3. Mengenali gejala gejala rabun jauh dengan baik
  4. Melindungi mata dari sinar mata hari langsung, missal menggunakan kacamata hitam saat keadaan matahari terik
  5. Menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari hari
  6. Kenali ciri-ciri rabun jauh secara seksama.

Demikian materi tentang pengertian rabun jauh,  gejala, dan cara mencegahnya, semoga dengan mengetahui sedikit tentang rabun jauh kita dapat mencegah terjadinya penyakit ke tubuh kita. Sekian terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *