Senam Lantai

materi senam lantai lengkap

Pengertian Senam Lantai

Senam lantai adalah cabang olahraga yang dilakukan di atas permukaan lantai yang beralaskan sebuah matras. Dalam olahraga ini, matras menjadi salah satu faktor terpenting dalam melakukan senam lantai setelah kamu melakukan teknik dengan benar, karena hal ini dapat melindungi tubuh kamu dari benturan yang terlalu keras.

Sejarah Senam Lantai

Sejarah olahraga senam lantai masih belum diketahui secara pasti karena banyak perbedaan dari berbagai sumber. Pada abad ke 20 senam mulai populer dan menyebar ke seluruh negara di dunia. Perkembangan olahraga ini sangat pesat hingga pada akhirnya senam mempunyai banyak cabang salah satunya adalah senam lantai.

Manfaat Senam Lantai

Setiap olahraga yang dilakukan pastilah mempunyai manfaatnya masing masing, berikut akan kami jelaskan manfaat senam lantai :

  • Dapat menurunkan berat badan
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Meningkatkan daya tahan jantung
  • Memperkuat otot lengan, kaki, paha, pinggang, perut dan dada
  • Melatih keseimbangan
  • Melatih fokus
  • Dapat membakar lemak dalam tubuh

Macam Macam Senam Lantai

Ada banyak sekali macam macam gerakan dalam cabang olahraga senam lantai, mulai dari roll depan, belakang, kayang, dll. Berikut akan kami jelaskan secara rinci macam macam gerakan senam lantai

1. Roll Depan

Pengertian Roll Depan dikutip dari wikihow

Roll depan adalah salah satu gerakan gimnastik dasar yang tampak seperti gerakan jungkir balik yang indah. Untuk melakukan gerakan dengan benar, Anda harus dapat bergerak dari posisi awal ke putaran dan kembali lagi dengan kaki Anda dalam satu gerakan. Dibutuhkan latihan untuk melakukan roll depan tanpa menggunakan tangan yang menopang Anda saat Anda berdiri. Lihat Langkah 1 untuk mempelajari bagaimana cara melakukan roll depan dengan benar.

Pengertian Roll Depan
Roll depan atau guling ke depan adalah berguling ke depan atas bagian belakang badan (tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang). Roll depan bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu guling ke depan dengan sikap awal jongkok atau guling ke depan dengan sikap awal berdiri.
Olah raga roll depan sangat mudah dilakukan dan juga mengasyikan tetapi dibalik itu semua jika dilakukan tanpa teknik yang benar maka akan membahayakan keselamatan kita. Berikut ini akan kami jelaskan materi tentang roll depan
Cara Melakukan Roll Depan

  1. Pertama sikap jongkok, kedua kaki rapat, letakkan lutut ke dada, kedua tangan menumpu di depan ujung kaki kira-kira 40 cm.
  2. Bengkokkan kedua tangan, letakkan pundak pada matras dengan menundukkan kepala, dagu sampai ke dada
  3. Lanjutkan dengan melakukan gerakan berguling ke depan, ketika panggul menyentuh matras, peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok.

Kesalahan Dalam Melakukan Roll Depan

  1. Kedua tangan yang bertumpu dibuka terlalu lebar atau terlalu sempit, terlalu jauh atau terlalu dekat dengan ujung kaki.
  2. Tumpuan salah satu atau kedua tangan kurang kuat, sehingga keseimbangan badan kurang sempurna dan akibatnya badan jauh kesamping.
  3. Bahu tidak diletakkkan diatas matras saat tangan dibengkokkan.
  4. Saat gerakan berguling ke depan kedua tangan tidak ikut melolak.

2. Roll Belakang

Pengertian Roll Belakang dikutip dari wikihow

Berguling ke belakang adalah kemampuan dasar untuk dikuasai. Mungkin akan sulit pada awalnya dan membutuhkan banyak latihan untuk menguasainya. Mulailah dengan mempelajari cara berguling ke belakang, lalu lanjutkan dengan menyelesaikannya.

Cara Melakukan Roll Belakang

  1. Sikap permulaan dalam posisi jongkok, kedua tangan di depan dan kaki sedikit rapat.
  2. Kepala ditundukkan kemudian kaki menolak ke belakang.
  3. Pada saat panggul mengenai matras, kedua tangan segera dilipat ke samping telinga dan telapak tangan menghadap ke bagian atas untuk siap menolak.
  4. Kaki segera diayunkan ke belakang melewati kepala, dengan dibantu oleh kedua tangan menolak kuat dan kedua kaki dilipat sampai ujung kaki dapat mendarat di atas matras, ke sikap jongkok.

Kesalahan Dalam Roll Belakang

  1. Kedua tangan yang bertumpu tidak tepat (dibuka terlalu lebar atau terlalu sempit, terlalu jauh atau terlalu dekat) dengan ujung kaki.
  2. Tumpuan salah satu atau kedua tangan kurang kuat, sehingga keseimbangan badan kurang sempurna dan akibatnya badan jatuh ke samping.
  3. Bahu tidak diletakkan di atas matras saat tangan dibengkokkan.
  4. Saat gerakan berguling ke depan kedua tangan tidak ikut menolak.

3. Handstand

Pengertian Handstand dikutip dari wikihow

Melatih kemahiran berdiri dengan tangan (handstand) merupakan prasyarat untuk mempelajari trik-trik senam mengagumkan lainnya. Handstand tidak hanya menyenangkan, namun gerakan ini juga merupakan suatu bentuk olahraga yang baik – selain itu Anda akan tampak keren saat melakukannya.

Cara Melakukan Handstand
1. Berdiri dengan kepala adalah bentuk sikap berdiri pada kepala dengan tumpuan kepala dan kedua tangan. Cara melakukannya sebagai berikut :

  1. Berdiri tegak kedua kaki rapat, dan kedua lengan lurus rapat di samping badan, pandangan ke depan.
  2. Bungkukkan badan ke depan, letakkan kedua telapak tangan di matras.
  3. Letakkan pula dahi di matras di antara kedua tangan. Letakkan kedua tangan dan dahi membentuk segitiga sama sisi.
  4. Angkat pinggul ke atas, badan tegak lurus pada matras.
  5. Luruskan kaki ke atas, jaga keseimbangan dan pertahankan beberapa saat.

2. Berdiri dengan kedua tangan adalah bentuk sikap berdiri dengan tumpuan kedua belah tapak tangan. Cara melakukannya adalah sebagai berikut :

  1. Berdiri tegak dengan salah satu kaki berada di depan dan kedua tangan lurus di atas dengan telapak tangan terbuka, kemudian letakkan telapak tangan bertumpu di matras.
  2. Bungkukkan badan ke depan, kedua tangan tetap lurus lalu ayunkan kaki ke belakang atas, diikuti kaki yang satunya dan rapatkan, sehingga membentuk garis vertikal antara lengan, badan, dan kedua kaki lurus ke atas.
  3. Ayunkan kaki kanan dalam keadaan lurus ke atas, sehingga kaki kiri juga ikut terangkat ke atas, pertahankan sikap tersebut beberapa saat, jaga keseimbangan tubuh.
  4. Kembali ke sikap awal yaitu berdiri tegak, kedua lengan lurus di samping badan dan pandangan tetap ke depan.

4. Kayang

Pengertian Kayang
Kayang adalah sebuah gerakan senam lantai dengan posisi kedua tangan dan kaki bertumpu pada matras dengan posisi terbalik kemudian meregang dan panggul serta perut diangkat ke atas. Manfaat dan tujuan melakukan kayang adalah untuk melatih tubuh agar tetap lentur, terutama pada bagian bahu.
Cara Melakukan Gerakan Kayang dari Sikap Tidur :

  1. Pertama awali gerakan dengan tidur terlentang.
  2. Tekuk kedua lutut Anda, setelah itu rapatkan kedua tumit pada pinggul.
  3. Tekuk kedua siku tangan Anda, kemudian telapak tangan bertumpu pada matras dan tempatkan ibu  jari di samping telinga.
  4. Lakukan gerakan badan diangkat pelan pelan keatas, kemudian disusul dengan dorongan dari kedua tangan dan kaki lurus.
  5. Terakhir lakukan gerakan kepala masuk diantara kedua tangan.

Cara Melakukan Kayang Dari Sikap Berdiri :

  1. Ambil sikap berdiri tegak dan kaki sedikit terbuka.
  2. Posisi tangan masing masing berada di samping kaki.
  3. Gerakan tangan secara bersamaan atau satu tangan dengan mengayunkannya ke belakang. Kepala tengadah kemudian badan melenting ke belakang, pastikan jika posisi telapak tangan menyentuh atau mendarat pada matras dengan baik.
  4. Untuk gerakan dari sikap berdiri ini Anda dapat melakukannya dengan menggunakan bantuan tembok, sehingga cedera dapat dihindari dan tidak membuat kita terlalu lelah sebagai pemula.

Kesalahan-kesalahan Dalam Melakukan Kayang

  1. Tidak melakukan pemanasan atau peregangan yang cukup, sehingga sering mengalami sakit sakit hingga cedera otot karena tertarik setelah melakukan gerakan kayang.
  2. Siku tangan bengkok, karena kekakuan pada bagian bahu dan sendi.
  3. Posisi badan kurang membusur karena bagian punggung yang kurang lentur dan kekakuan pada otot perut
  4. Keseimbangan yang kurang.
  5. Usahakan posisi kepala harus pas dan jangan terlalu menengadah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *