Seni Rupa : Pengertian, Unsur, dan Penjelasan Lengkap

materi seni rupa lengkap

Materi Seni Rupa – Dalam kehidupan kita sehari-hari, ada cukup banyak jenis seni yang lokasinya berdampingan dengan masyarakat. Seni merupakan suatu induk yang memiliki banyak sekali cabang di dalamnya.

Salah satu cabang di dalam seni adalah seni rupa. Dalam keseharian kita, tentu ada banyak jenis seni rupa yang bisa digunakan. Entah seni tersebut hanya untuk menambahkan keindahan atau untuk jenis manfaat yang lebih penting lagi untuk kehidupan.

Berikut akan dibahas lengkap mengenai materi seni rupa mulai dari pengertian seni rupa dan unsur seni rupa disertai penjelasan secara lengkap.

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa merupakan salah satu cabang dari seni supaya bisa menghasilkan suatu karya seni yang memiliki kualitas dan juga ekspresinya bisa dirasakan oleh indra manusia, khususnya untuk indra penglihatan dan juga indra peraba.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa seni rupa adalah suatu jenis seni yang lebih menekankan kepada bentuk keindahan secara visual dibandingkan dengan kegunaan indra yang lain.

Dalam bahasa Inggrisnya, seni rupa ini biasa dikenal dengan fine art.

Namun, dengan seiring berjalannya waktu dan juga zaman, perkembangan dalam seni rupa ini menjadi lebih modern dan kekinian. Yang menjadikan makna dari fine art menjadi berbuah serta dapat mengarah kepada jenis seni rupa murni saja. Kemudian dengan adanya gabungan antara dua jenis seni, yakni antara seni kriya dengan seni desain, maka itu menghadirkan jenis seni baru yang kita kenal dengan visual art.

Unsur-Unsur Seni Rupa dan Penjelasan

Dalam sebuah seni rupa terdapat beberapa unsur yang membangun. Elemen tersebut cukup banyak sehingga ia bisa disebut sebagai sebuah seni rupa itu sendiri. Apabila disaksikan secara sekilas, maka salah satu dari sekian cabang seni ini adalah jenis seni yang cukup sederhana, namun di dalam kesederhanaan tersebut ternyata ada unsur khusus yang ada di dalamnya.

Kita mungkin bertanya apa sesungguhnya fungsi atau manfaat dari unsur-unsur tersebut. Nah, unsur tersebut fungsinya untuk menjadikan sebuah media yang bisa memudahkan panca indra kita untuk menikmati keindahan dari seni tersebut. Selain itu juga untuk dapat memberikan kesan dari karya seni yang ada tersebut.

Dan berikut ini adalah penjelasan terkait unsur yang dimiliki oleh seni rupa itu sendiri :

1. Titik

Unsur pertama yang terdapat di dalam sebuah karya seni yaitu titik.

Titik adalah satu jenis elemen atau suatu zat yang dapat di istilahkan sebagai sesuatu terdasar di dalam sebuah seni rupa. Dalam pembuatan unsur titik tersebut, bisa direalisasikan dengan jarak yang beragam, yaitu antara jarak yang sempit serta jarak yang lebar dari adanya titik tersebut.

Tentu dari adanya perpaduan unsur titik yang beragam varian warna. Dari adanya penggabungan tersebut, maka dapat dijadikan sebagai sebuah karya seni yang sangat bagus dan juga elok untuk dipandang. Umumnya teknik untuk penggunaan titik dan juga perpaduan warna disebut dengan teknik pointilisme.

2. Warna

Di dalam kaidah warna, juga terdapat berbagai teori, di antaranya yaitu teori tujuh spektrum warna dan juga teori pigmen warna.

Nah, berikut ini merupakan beberapa penjelasan dari unsur warna di dalam sebuah seni rupa :

a. Warna Primer

Warna primer merupakan sebuah kesatuan warna induk yang merupakan warna asli dan tidak dicampurkan dengan berbagai jenis warna yang lainnya. Di dalam warna jenis primer ini terdapat dari tiga jenis warna, yaitu warna merah, biru dan juga warna kuning.

b. Warna Sekunder

Warna sekunder merupakan warna yang dihasilkan dari adanya pencampuran dari dua warna primer sehingga ia mampu membentuk sejenis warna yang baru dan berbeda.

c. Warna Tersier

Warna tersier merupakan sejenis warna yang terbuat dari adanya pencampuran antara berbagai jenis warna. Yaitu campuran dari warna sekunder dengan warna sekunder ataupun campuran dari warna yang primer dengan jenis warna yang primer.

d. Warna Analogus

Selain beberapa unsur warna yang telah disebutkan, ada unsur selanjutnya yang biasa dikenal dengan warna alalogus. Warna ini merupakan suatu deretan warna yang letaknya berdampingan dalam sebuah lingkaran atau bisa juga berdekatan. Misalnya yaitu untuk warna kuning yang berdekatan dengan warna hijau.

3. Bentuk

Asal mula dari sebuah bentuk atau karya seni adalah adanya penggabungan antara berbagai bidang menjadi satu. Dalam karya seni rupa itu sendiri, unsur dibagi menjadi dua bagian, yakni form dan juga shape.

Shape adalah bentuk dari suatu gabungan bidang yang di dalamnya tidak terdapat unsur penjiwaan. Di dalam shape ini umumnya hanya terlihat perwujudan bentuknya saja misalnya melingkar, ornament dan lain sebagainya.

Sedangkan form mempunyai suatu arti atau suatu makna tertentu, misalnya saja adalah bentuk kubus, paramid, bola dan berbagai bentuk yang lainnya.

4. Garis

Garis sendiri sesungguhnya memiliki banyak jenis. Di antaranya yaitu panjang, pendek, vertikal. Horizontal, lurus, dan tentunya masih banyak lagi jenis yang lainnya. Dan setiap jenis dari garis tersebut mempunyai kesan yang berbeda di dalam penerapan sebuah seni rupa.

Berikut ulasan beberapa jenis garis :

  1. Garis lengkung kesannya adalah lentur dan juga lembut.
  2. Garis halus mempunyai kesan lengkungan yang memiliki irama dan melambangkan sebuah kelembutan pada wanita.
  3. Bentuk dari garis lurus menggambarkan kesan tegak dan juga keras.
  4. Adapun bentuk dari garis miring sendiri memiliki kesan gerak, tidak stabil, dan juga goncangan.
  5. Garis patah-patah yang menggambarkan makna terpatah-patah, tegas dan juga kuat.
  6. Garis tegas memiliki makna keagungan dan juga kestabilan.
  7. Garis spiral yang memberikan makna lentur serta elastis.

5. Bidang

Berikut penjelasan mengenai unsur bidang.

Apabila sebelumnya sudah kita ulas secara sekilas tentang unsur bentuk. Bidang merupakan suatu hasil dari pertemuannya dari suatu ujung secara berkali-kali.

Bidang sendiri mempunyai beberapa sisi panjang maupun lebar yang tentunya dengan ukuran yang cukup beragam. Di dalam seni rupa sendiri, unsur bidang dapat kita amati secara langsung pada masing-masing hasil dari sebuah karya seni rupa.

Nah, berdasarkan bentuk yang dimiliki. Unsur bidang sendiri terdiri dari bidang geometris, bidang biomorfis atau bidang organis serta tidak beraturan.

6. Tekstur

Tekstur merupakan suatu sifat dari permukaan benda atau suatu bidang yang bisa dilihat dan juga diraba. Sifat dari adanya tekstur tersebut memiliki kesan yaitu licin, kasar, halus, kusam dan lain sebagainya. Apabila dibagi berdasarkan jenisnya, maka tekstur tersebut memiliki dua jenis, yakni tekstur nyata dan juga tekstur semu.

Tekstur yang nyata yaitu tekstur dimana suatu sifat dari permukaan benda menunjukkan suatu kesan yang benar-benar nyata ketika dilihat dan juga diraba. Ini sangat berbeda dengan yang tekstur semu dimana tekstur ini dapat dimaknai sebagai sebuah tekstur yang tidak nyata atau bisa dikatakan bahwa ini memiliki permukaan yang berbeda saat ia dilihat ataupun diraba.

7. Gelap Terang

Gelap terang adalah suatu intensitas cahaya yang mempunyai tujuan supaya seolah-olah memperdalam suatu makna dari suatu karya seni tersebut. Serta membuat suatu objek dari kedua seni menjadi semakin nyata terlihat. Apabila intensitas cahaya tersebut tinggi, maka bisa dibilang karya seni tersebut nantinya akan menjadi lebih terang. Serta sebaliknya, apabila intensitas cahayanya rendah, maka hasil dari karya seninya juga akan gelap.

Di dalam teknik gelap terang seni rupa  terdapat dua teknik dasar. Pertama yaitu chiasrocuro dan kedua adalah silhouette. Teknik dasar tersebut sering menjadikan suatu gambar atau hasil dari suatu karya seni menjadi semakin enak untuk dilihat dan juga mengagumkan.

Teknik chiaroscuro sendiri merupakan teknik dimana peralihan dari cahaya dilakukan secara bertahap atau bisa juga dikenal dengan istilah gradasi warna. Sementara untuk teknik silhouette sendiri adalah suatu teknik bayangan yang tidak mempunyai gradasi warna dan terkadang penggunaan dari teknik ini memakai pencitraan intensitas cahaya yang cukup rendah.

Demikian materi seni rupa yang dapat admin rangkum, jangan lupa baca materi lain tentang seni budaya di blog ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *